1st day on semeru, semeru memanggil

Aaaah, ranuuuuu kumboloooooooooooooo..........

Sungguh indah ranu ini allah. Perjalanan hari ini cukup melelahkan, teramat sangat. Panjaaaaaaaaang sekali rasanya. Melewati tanjakan2, melewati pohon2 tumbang, dedaunan, akar2. Semua lelah menjadi nikmat, disuguhi keindahan ranu kumbolo, surga para pendaki ini.

Pendakian hari ini dimulai pukul 09.00. Mulai berjalan dari homestay. Pagi2 terbangun dengan penuh semangat, segera pergi mandi dan gegas sarapan mengisi perut. Bersama imeh dan kak esza memulai kegiatan pagi ini. Sebelum melewati ranupani kami sempat mengabadikan momen2 disana. Bersama bang benson, rasis, imeh, kak esza, kak erwin dan juga bang ape.

Perjalanan dimulai, melewati pos ranupani kemudian plang selamat datang dan dilanjutkan dengan setapak yang terus menanjak. Awalnya aku bersama beberapa teman2, lama kelamaan tertinggal, memang tidak sendirian karena ada banyak panitia di belakangku.

Secara tiba2 segerombolan anak laki2 memanggilku dari belakang. "Anggyyyy ayo semangaaaat". Ketika ku toleh, Masyaallah ternyata mereka. Kople and the geng, ternyata mereka teman sekelompok imeh, dkk tapi terpisah hehe. Mereka akhirnya mengawalku sepanjang jalan itu. Berkali-kali aku minta berhenti dan beristirahat, berkali-kali juga mereka menipuku agar terus berjalan. Semangat mereka adalah semangatku, bahagia sekali rasanya. Perjalanan masih berlanjut dengan setapak menanjak landai, terkadang tinggi tapi terus daypack ku di dorong oleh mereka, sampai akhirnya mulai terdengar suara2. Ternyata kami sampai di pos 1, pos peristirahatan yang ada orang jualan, hahaha. Sedikit foto2 dan menikmati jajanan, lalu melanjutkan perjalanan.

Kali ini medan yang dilalui tidak terlalu sulit, aku berjalan terus tanpa henti dan dia pun kini telah pergi hahahaa (nyanyi malah hahaa). Sampai2 para lelaki2 tangguh dibelakangku berteriak "anggy gak berhenti jalan mulu, istirahat dulu gy"

Akhirnya kamipun beristirahat, sekedar melepas lelah dan menenguk air minum. Setelah beristirahat, perjalanan dilanjutkan tapi kali ini medan kembali menanjak. Beberapa kali juga aku minta berhenti istirahat. Sampai akhirnya mendekati sebuah pos kami beristirahat sejenak dan ketika perjalanan dilanjutkan dihadapanku terpampang sebuah tanjakan tajam. Aku maju mundur minta beristirahat sejenak. "Kan tadi udah istirahat gy" kata salah satu dari mereka. Akhirnya dengan penuh tenaga aku naik diiringi mereka dari depan dan belakang. Sampai di puncaknya lelah menggelayuti, nafas tersengal2 tak karuan. Kembali duduk untuk beristirahat sejenak.

Medan yang ditempuh masih menanjak dan berliku. Kata 'sedikit lagi' terus dikeluarkan oleh mereka. Sampai akhirnya dari kejauhan terlihat sebuah kolam berbentuknya seperti bentuk hati. Aaaah indaah sekaliiiiiiiiii. Surga semeru ini membuatku semakin bersemangat. Kami segera bergegas menemui teman2 yang sudah mendirikan tenda. Tepat pukul 14.50 aku tiba di ranu kumbolo.
Langsung ku tunaikan solat dzuhur dan asharku, kemudian menaruh barang2 di tenda dan kami segera masak. Malam itu tenda ku kak esza dan kak erwin berdekatan dengan imeh, bang benson, rasis dan bang ape.
Setelah makan, dingin mulai berdatangan. Langit mulai memerah dan semakin gelap.

Allahu akbar, siapa yang bisa menyangka langit malam ini begitu indah. Langit berbintang di ranu kumbolo. Ingin aku abadikan foto bintang2 ini untuk sahabat2ku tersayang, tapi apa daya kamerapun tak mampu membidiknya.
Selepas solat isya, kami dikumpulkan di api unggun, bertemu dengan sesepuh semeru yang mensosialisasikan 'gunung bersih'. Dengan seksama mendengarkan kisah2nya. Tapi ada satu kisah yang menarik menurutku. Ada seorang anak bernama Fajar Ranu Kumbolo, yang terlahir karena pertemuan kedua orang tuanya di ranu kumbolo. Masyaallah, ada banyak cara allah mengatur skenario hambaNya.

Well, after that kamipun beristirahat. Besok perjalanan akan lebih ganas lagi. Okey gengs, today is so amazing but tomorrow will more than today.