Belajar Dari Lady Gaga :D


Tau Lady Gaga kan?? Itu lho dia yang terkenal dengan hits pokerfacenya, lagu telephonenya yang pernah dibawain sama artis Youtube Audrey, Gamal dan Cantika. masih belum inget juga?? Itu lho artis yang tanggal 3 juni kemaren gagal menggelar konser di Indonesia. Udah inget kan???? Naahhh kok jadi ngomongin dia yaa?? Si Mother Monster. Gini sahabat blogger kali ini kita bisa belajar dari Gaga tentang Tips ngeblog atau menulis. Check This Out !! ^^
1. Optimalkan social media
Lady Gaga termasuk artis yang tau benar keampuhan social media. Karena itu dia menangani dengan sangat serius. Tak mengherankan jika follower Lady Gaga di Twitter berjumlah lebih dari 24,5 juta. Lady Gaga adalah orang pertama di dunia yang mendapat follower 10 juta, dan kemudian 20 juta. Di Facebook, dia memiliki lebih dari 51 juta penggemar. Dia tergolong rajin berkicau di Twitter dan mengupdate status di FB.
Sebagai blogger, mengoptimalkan social media kini menjadi hal wajib. Kini rata-rata blogger juga berkicau di Twitter dan punya akun Facebook. Menyebarkan link tulisan di jejaring sosial kini mutlak dilakukan, terutama jika ingin tulisan yang dibuat lebih menyebar.
Tentu, kita tak perlu terobsesi menjadi seperti Lady Gaga, yang follower di Twitter berjumlah puluhan juta, hehehe. Yang perlu dilakukan adalah mengoptimalkan jejaring sosial untuk menyebar-luaskan tulisan yang dibuat.
2. Inovatif
Lady Gaga (atau pihak yang ada di manajemennya) sangat inovatif menangani multi media. Untuk Twitter, misalnya. Mereka menciptakan hashtag khusus untuk tiap kota yang akan didatangi. Misalkan Lady Gaga akan konser di kota Las Vegas, diciptakanlah hashtag khusus yakni #gagavegas. Dengan demikian tercipta keterikatan antara penggemar di kota tertentu.
Lady Gaga juga biasa menggelar semacam kontes review konser. Siapa pembuat review terbaik mendapat CD album terbaru yang ditandatangani.
Setiap konser, manajemen Lady Gaga meminjamkan 50 kamera video kepada penggemar terpilih. Penggemar ini dipersilahkan membuat video konser sesuai selera. Ketika konser berakhir, para penggemar mengembalikan kamera video dan mendapat imbalan CD asli yang ditandatangani. Video hasil rekaman penggemar itu kemudian diedit dan disebar-luaskan ke sejumlah situs video seperti youtube.
Sebagai blogger, inovasi itu penting. Selain tema dan jenis tulisan, sesekali blogger juga bisa memberi ‘hadiah’ untuk pembaca. Misalnya dengan menggelar kontes berhadiah. Sekalipun kontesnya sederhana, namun hal semacam itu bisa mempererat hubungan pertemanan dengan sesama blogger.
Di luar negeri, banyak blogger yang melakukan inovasi guna memperlebar cakupan dan pesan yang dibuat. Antara lain dengan mengubah konten teks/tulisan di blog menjadi slide, dan kemudian dipublikasi di situs khusus slide (seperti slideshare.com). Atau menambahkan gambar pada intisari tulisan dan dibuat slide. Slide ini bisa dikonversi menjadi video dan kemudian dipublikasi di Youtube. Atau menyunting sejumlah tulisan dan dijadikan ‘white paper’ atau ebook dan kemudian dipublikasi di dunia maya dan masih banyak lagi.
3. Bekerjasama dengan pihak lain
Begitu album barunya diluncurkan, Lady Gaga menjalin kerjasama saling menguntungkan dengan pihak lain. Misalnya dia bekerjasama dengan Zinga dan menciptakan game GagaVille, yang terinspirasi dari FarmVille. Dia menjalin kerjasama dengan Starbucks, menampilkan tayangan eksklusif di  VEVO, konser khusus di HBO, melakukan promosi di  iTunes, Best Buy dan masih banyak lagi.
Sebagai blogger, bekerjasama dengan pihak lain itu mutlak. Sebagai langkah awal, bekerjasama dengan sesama blogger bisa dilakukan. Kerjasama bisa dengan menjadi penulis tamu di lapak teman (dan mengundang si teman melakukan hal sebaliknya). Jika kita menulis buku, kita bisa mengirimkan buku ke teman tertentu dan meminta si teman membuat review atau resensi. Jika punya kenalan pemilik warnet, kita bisa meminta agar si teman menjadikan blog kita sebagai situs default. Jadi jika ada pengguna warnet membuka internet, situs pertama yang dia lihat adalah blog kita. Dan masih banyak lagi.
4. Unik
Salah satu faktor yang membuat Lady Gaga menjadi penyanyi nomor wahid adalah dia unik (lebih ke nyeleneh sih tepatnya). Dia memilih nama panggung yang unik dan mudah diingat (nama asli Lady Gaga adalah Stefani Joanne Angelina Germanotta). Aksi panggungnya unik bin nyeleneh. Tata riasnya menor dan wah. Lirik lagunya "bandel". Dan seterusnya…
Sebagai blogger, sangat penting untuk menjadi unik. Dewasa ini ada lebih dari 200 juta blog yang wara-wiri di dunia nyata. Ada sekitar 30 hingga 45 juta blog pribadi berbahasa Indonesia (belum termasuk yang ada di blog keroyokan). Setiap hari ada ribuan tulisan berbahasa Indonesia yang dipublikasi di dunia maya. Tulisan yang kita buat harus bersaing dengan ribuan tulisan lain.
Supaya dilirik, kita harus unik. Nama blog harus unik. Nama pena unik dan mudah diingat. Template blog harus unik. Tema tulisan harus unik. Gaya menulis harus unik. Dan seterusnya…
Tentu, kadar unik tergantung selera masing-masing. Yang harus diingat, dalam banyak hal, unik itu sangat dekat dengan norak dan lebay, hehehe. Menurutmu, Lady Gaga itu gimana? Hehe, jawab dalam hati aja deh yaaa.
5. Kontroversi perlu. Tapi…
Kelebihan Lady Gaga adalah kontroversi. Terutama aksi panggung, video klip dan lirik lagu. Setidaknya itu yang diungkap banyak orang. 
Di negara berbasis Kristen, seperti Filipina, Lady Gaga dianggap pemuja setan, antichrist (antikristus) dan melecehkan agama Kristen.
Sebagai blogger, supaya tulisan dilirik, sesekali perlu juga bersikap kontroversi. Yakni dengan  membuat tulisan yang melawan arus. Atau membuat tulisan yang temanya ‘aneh’ dan mengundang pembaca. Misalnya membuat tulisan yang mengatakan bahwa menulis itu susah bin jelimet. Kan beda tuh dengan anggapan para penulis yang sudah mahir bahwa menulis itu mudah.
Jika memutuskan menulis tema kontroversi, kita harus siap dengan konsekuensi. Harus siap mental. Siap dimaki. Siap diolok-olok.
Bersikap atau menulis tema yang kontroversi perlu sepanjang kita yakin bisa mengantisipasi dan meluruskan kembali. Bisa menerima makian dan cacian dengan kepala dingin dan tenang. Salah satu cara adalah menanggapi makian dan cacian dengan bercanda. Heheee...
Jika kita tergolong blogger yang emosinya pendek, yang gampang tersulut, sebaiknya jangan menulis topik kontroversi. Karena bisa-bisa terbakar pada api yang kita ciptakan sendiri.
***
Source : Annida online

Komentar

Postingan Populer